Sunday, February 3, 2013

“있다” dan “없다”. Kata Formal


안녕하세요,

Hello again Guys, Absen beberapa minggu nih.. Soalnya lagi ad MidTerm mencekik :D.
So, Di Post ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengatakan “Ada atau Tidak Ada” dalam Bahasa Korea, dan Saya juga akan menjelaskan sedikit tentang tingkat Kata Formal dalam Bahasa Korea.
“Ada” dan “Tidak Ada”
있다 dan 없다


Tingkat Kata Formal pada Bahasa Korea.
Anda pasti pernah mendengar kata-kata yang berakhiran dengan ” atau “니다 seperti, 사랑해요” dan “사랑합니다, Terus apa bedanya? Apakah kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda?

Pada Post sebelumnya Saya pernah mengatakan Bahasa Korea Memiliki Kata Formal dan Kata InFormal, Dan Kata Formal ada 2 tingkat yaitu ” dan “니다.

니다 memiliki urutan pertama dan biasanya dingunakan pada saat laki-laki Korea pergi Wajib Tentara atau pada TV, dan biasanya hanya Laki-laki yang menggunakannya sedangkan para Perempuan biasanya menggunakan karena 니다 terdengar lebih sopan dan tegas.
Walaupun anda ingin menggunakan Kata Formal, dan 니다 dapat dingunakan tetapi 니다 bersifat lebih tegas.
Saya Akan menjelaskan bagaimana menggunakan ” dan “니다Di Post selanjutnya, Jadi pada Post ini perhatikan bagaimana mengatakan “Ada” Dan “Tidak Ada” Pada Bahasa Korea.

“Ada” dan “Tidak Ada” : “있다” dan “없다
Pada Post Sebelumnya saya telah menjelaskan bagaimana cara untuk membuat menjadi kalimat percakapan menggunakan 습니다” dan “ㅂ니다”.
Let’s Review :
있다” untuk menggunakan “습니다” dan “ㅂ니다” anda hanya membutuhkan Verb Stem dari “있다” yaitu “” dan karena berakhiran dengan Huruf Konsonan Maka kita menggunakan “습니다”.
있다” + “습니다” = 있습니다.

Contoh :
1. 거기에 가방이 있습니다. = Disana ADA Tas.
2.여기에 사람이 있습니다. = Disini ADA Orang.
3.저기에 빵이 없습니다. = Disana TIDAK ADA Roti.
4.거기에 학교가 없습니다. = Disana TIDAK ADA Sekolah.
*거기 = Disana.
저기 = Disana.
 여기 = Disini.
  = Roti.
Jangan Hiraukan “” Pada Kalimat tersebut, Saya Akan menjelaskannya di Post Berikutnya.
Dan Masikah Anda ingat Bagaimana menggunakan “” dan “”? Jika Anda menggunakan Bersamaan dengan “있다” dan “없다”, Maka membentuk Kalimat “Saya Ada yang lainnya tetapi tidak dengan yang ini”
Contoh :
시간은 없습나다 = Memiliki Arti “Saya memiliki yang lainnya tetapi tidak dengan Waktu.”
물은 있습니다 = Memiliki Arti “Saya Tidak Memiliki yang lainnya tetapi Saya Ada air.”
*시간 = Waktu

Dan uniknya Pada Bahasa Korea terdapat dalam bagaimana Anda mengatakan Ada dan Tidak Ada, Seperti bagaimana Anda mengatakan “Makanan Ini Enak” yaitu “맛있습니다” dan “Tidak Enak” Adalah “맛없습니다”.
” Memiliki arti “Rasa” dan “맛있습니다” memiliki arti “Ada Rasa”.
Dan banyak lagi Keunikan Pada Bahasa Korea. So, jangan bosan belajar Bahasa Korea :D

That’s All, Dengan Ini Anda sudah bisa mengatakan “Ada” Dan “Tidak Ada” Pada Bahasa Korea. Jangan lupa coba buat kalimat anda pada Comment Box :D
Happy Learning.

3 comments:

  1. 감사합니다 ^^
    aku tnggu ka post selanjutnya

    ReplyDelete
  2. Kaka kmn krg gak perna ada post lg.....post kaka sangat membantu buat saya yg ingin belajar bahasa korea

    ReplyDelete